Ide dan Inspirasi Desain Seragam Kerja Terbaru

Posted on

Seragam kerja adalah hal yang penting dan sangat dianjurkan. Seragam kerja tidak hanya sebagai identitas seorang karyawan atau karyawati dalam sebuah perusahaan. Seragam kerja juga merupakan fasilitas untuk menghargai kerja keras para karyawan dengan memberikan outfit kebanggaan berupa seragam. Ada beragam jenis desain seragam yang dipakai oleh perusahaan. Mulai dari desain kaos, ragelan, kemeja aneka warna, atau dress dress cantik layaknya karyawan hotel.

Jika saat ini Anda sedang mencari inspirasi untuk membuat seragam kerja bagi karyawan Anda, berikut ini akan dibahas berbagai ide dan inspirasi desain terbaru untuk Anda, selamat membaca !.

Inspirasi Seragam Batik untuk Kantoran dan Bank

Seragam yang dibuat dengan bahan dasar dari kain batik sangat populer. Batik memang sudah menjadi primadona sejak dulu kala, dengan kesan formal yang ditampilkan. Harga kain batik saat ini juga sangat terjangkau, meskipun kain batik yang ada saat ini sudah tidak diproduksi secara tradisional. Kain batik yang biasa dipakai untuk seragam, adalah kain batik printing atau batik cap yang lebih murah, dengan kualitas yang cukup baik.

Ada banyak model yang bisa Anda explore untuk membuat seragam batik. Tidak harus berupa kemeja berkerah biasa seperti halnya seragam sekolah. Batik bisa dikreasikan dengan berbagai model baju kerja modern agar lebih menarik. Selain itu, penambahan jenis kain lain untuk dipadukan dengan seragam kain batik juga bisa menjadi ide yang menarik. Berikut ini adalah beberapa contoh seragam batik kantoran yang bisa menjadi inspirasi Anda.


Ide Seragam Kerja Model Lengan Panjang

Sebagian perusahaan mungkin memiliki preferensi seragam kerja dengan lengan panjang. Mungkin karena bidang yang digeluti, kebanyakan karyawan beragama muslim, atau berbagai alasa lainnya. Yang jelas, membuat seragam kerja dengan model panjang sebenarnya lebih menguntungkan. Meskipun akan memakan biaya yang lebih, namun dengan seragam lengan panjang Anda tidak perlu mendata satu per satu para karyawati berhijab atau tidak. Seragam kerja lengan panjang lebih fleksibel digunakan, dan nampak lebih formal.

Selain nampak lebih formal, seragam dengan lengan panjang juga aman bagi beberapa perusahaan yang berhubungan denga bahan kimia. Para karyawan mungkin memakai celemek dan sarung tangan, namun seragam lengan panjang tetap bisa menjadi salah satu tindakan preventif untuk melindungi bagian lengan para karyawan.

Berikut ini adalah beberapa contoh seragam kerja lengan panjang yang bisa Anda imitasi atau modifikasi untuk seragam kerja lengan panjang perusahaan Anda.


Desain Seragam yang Cocok untuk Kerja Lapangan

Untuk para pekerja atau karyawan lapangan, desain seragam harus menyesuaikan kegiatan mereka. Pekerjaan yang membutuhkan banyak ruang bergerak dan cukup menguras tenaga membuat baju seragam yang nyaman sangat penting. Beberapa perusahaan memfasilitasi karyawan pekerja lapangan dengan kaos biasa dengan logo perusahaan. Ada juga yang membebaskan karyawan tanpa menggunakan seragam.

Para karyawan yang ada di lapangan tidak hanya buruh dan pekerja. Namun juga para manager operasional, supervisor, dan masih banyak lagi. Anda tidak harus selalu memberikan seragam yang sama untuk posisi yang berbeda. Untuk para pekerja misalnya, mereka membutuhkan banyak ruang gerak dan baju yang tidak panas. Jika Anda memberikan kemeja kepada mereka, dijamin keluhan akan timbul dan seragam akan jarang dipakai. Berikan kaos untuk para pekerja lapangan yang mengerjakan pekerjaan berat. Sedangkan untuk para pekerja lapagan yang melakukan pekerjaan ringan seperti pengawasan, Anda bisa memberi seragam PDH atau kemeja.

Selain berupa baju, seragam perusahaan untuk karyawan lapangan juga dapat berupa berbagai peralatan tambahan. Seperti sarung tangan, masker yang bisa dipakai berkali kali, topi atau sepatu. Berikut ini adalah contoh baju untuk pekerja lapangan.
Koleksi Seragam Kerja Casual yang Keren
Bidang yang digeluti suatu perusahaan bisa menjadi pertimbangan desain seragam kerja. Mungkin, untuk pekerjaan yang menuntut karyawannya tampil formal seperti perhotelan, jasa perbankan, atau klinik, Anda akan memilih kemeja yang sangat formal untuk para karyawan. Namun, untuk beberapa perusahaan seperti advertising, interior design, atau publishing, tentunya seragam kerja yang casual seperti model peplum atau baju yang lebih stylish akan lebih cocok.

Seragam kerja yang casual adalah seragam kerja yang cukup formal, namun tetap mengikuti gaya dan trend sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contoh seragam kerja casual yang bisa menajdi inspirasi Anda.

Ide seragam kerja casual tidak hanya nampak dari model baju. Pemilihan motif dan bahan kain seragam juga dapat memberikan kesan yang berbeda. Pemakaian motif seperti kotak kotak, garis garis, atau berbagai motif unisex lainnya akan membuat seragam yang tadinya sangat formal, nampak lebih casual. Pemilihan bahan yang tidak terlalu kaku juga dapat memberi kesan lebih santai kepada pakaian seragam Anda.

Untuk memilih bahan dan motif yang tepat, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu. Mendatangi beberapa toko kain dan mengonsultasikan kepada pemilik bisa menjadi salah satu pilihan sekaligus refresing. Atau mencari informasi melalui internet juga dapat Anda lakukan.

Inspirasi Model Seragam Kerja Kebaya Modern

Tidak hanya dipakai sebagai gaun pesta, kini kebaya juga bisa menjadi seragam kerja. Sebagian perusahaan seperti perusahaan kecantikan atau klinik aesthetic memang sejak dulu seringkali menggunakan kebaya sebagai seragam kerjanya. Desain kebaya yang manis dengan bawahan jarik dan atasan kebaya kartini sering ditemui di berbagai salon, spa dan klinik kecantikan.

Menggunaka kebaya sebagai seragam kerja di perusahaan Anda tentu akan menarik. Model kebaya simple seperti kebaya kutu baru dan kebaya kartini bisa menjadi piliha yang bagus. Bawahan tidak harus berupa jarik span, namun bisa juga rok selutut, pleated skirt, flare skirt, atau midi skirt, tergantung selera perusahaan. Bagi karyawan pria, cukup dipadukan dengan setelan atau atasan yang senada. Bisa berupa batik ataupun kemeja biasa. Berikut ini adalah beberapa contoh seragam kerja berupa kebaya yang terbaru.

Selain memilih berbagai desain baju untuk seragam perusahaan Anda, memilih warna juga hal yang penting. Meskipun kadang perusahaan telah memiliki nuansa warna tersendiri, namun pemilihan warna untuk seragam juga sebaiknya disesuaikan. Misalnya warna merah yang terlalu terang, dapat disiasati dengan memilih kain yang tidak terlalu mencolok layaknya kain satin. Atau jika nuansa perusahaan berwarna emas, bisa disiasati dengan warna cokelat kekuningan.

Pemilihan chart size juga harus disesuaikan. Biasanya, setiap konveksi akan memberikan beberapa chart size (ukuran lebar, panjang dll untuk ukuran S, M dan L). Cermatlah memilih, jika perlu minta contoh dari konveksi untuk setiap ukuran agar dapat menyesuaikan dengan para karyawan.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai inspirasi desain seragam kerja yang terbaru. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan memberi ide untuk membuat desain seragam kerja perusahaan Anda sendiri, sampai jumpa di artikel selanjutnya !.

.

.

baju pesta

.

.