Jenis-jenis Kebaya Adat di Indonesia

Jenis-jenis Kebaya Adat di Indonesia

Kebaya adalah pakaian asli dari Indonesia yang dibuat dari berbagai daerah di Indonesia. Karena pembuatannya tidak hanya dari satu daerah, maka ada berbagai ciri khas tiap daerah yang membedakan jenis kebaya. karena model kebaya yang berada di setiap daerah itu tidak sama persis. Ada beberapa hal yang membedakan kebaya adat satu dengan yang lain, misalnya saja bahan serta bentuknya. Berikut ini beberapa contoh pengertian jenis kebaya adat yang berada di indonesia.

  1. Kebaya daerah Jawa Barat

Kebaya Sunda umumnya berwarna mencolok. Biasanya berupa blus pendek, tanpa tambahan bagian depan, memakai atau tanpa lekuk leher, terbuat dari brokat atau sutra berwarna cerah, lengan baju agak melebar disbanding kebaya Jawa Tengah. Kain batik dililitkan dengan cara biasa (tanpa wiron) berwarna cerah.

  1. Kebaya Khas DKI

Ciri khas kebaya DKI adalah berwarna cerah dan dipadu sarung batik cerah (motif pesisiran), bagian depan tanpa kain tambahan, bagian kerah diberi hiasan kerancang atau sulaman, bagian lengan diberi manset. Bentuk kebaya DKI dipengaruhi oleh budaya China yang memunculkan kebaya encim. Pemakaian selendang sebagai pelengkap busana tidak disampirkan di pundak melainkan dipakai sebagai kerudung.

  1. Kebaya Jawa Tengah

Kebaya Jawa Tengah berklibat pada pemakaian busana keraton. Antara lain kebaya panjang dengan bahan halus (sutra, beludru, dengan hiasan sulaman yang indah. Kebaya lebih pendek dengan warna tertentu, dan tatacara pemakaian kain panjang dengan teknik tertentu. Biasanya kebaya di Surakarta dipadu dengan kain panjang dari batik tertentu yang menunjukkan usia. Kebaya gulon, kebaya dari saten, biasaya kebaya Surakarta dipadu dengan kain panjang Dari batik, diwiru bagian depan. Untuk anak-anak diberi sabuk wolo.

  1. Kebaya Solo dan Yogya

Ciri khas kebaya Solo dan Yogya dapat dibedakan dengan adanya penambahan kain di depan (bef) yang awalnya dipakai sebagai tempat menempelkan hiasan putrid, namun menjadi patron kebaya di kalangan perempuan.

Incoming search terms: